Makanan Khas Toraja


  Selain keindahan akan daerah dan budayanya, terdapat juga berbagai makanan dan minuman khas suku Toraja yang sayang jika dilewatkan. berbagai makanan khas suku Toraja ini memiliki keunikannya masing-masing, yang mungkin tidak akan ditemui di daerah lainnya. Selain unik, rasa dari berbagai makanan dan minuman khas suku Toraja ini terkenal sangat nikmat. Sekarang kita akan membahasa tentang makanan-minuman khas dari Tana Toraja yang sering dijadikan menu dalam acara-acara pesta Toraja. 

Pa' karing 

 Pa'Karing Toraja

Pa' karing dibuat dari daging kerbau yang dikeringkan. Makanan ini mirip dengan dendeng dan sangat awet, bahkan bisa tahan hingga berbulan-bulan. Makanan ini biasanya diolah dengan tambahan merica, bawang putih, serta garam.

Pa'Piong

 Masakan Khas Pa'piong Cita Rasa Turun Temurun di Toraja

Makanan ini biasanya disajikan pada acara-acara syukuran panen. Makanan ini biasanya terbuat dari daging babi, ayam, ikan dan beras cara masanya tinggal masukkan daging yang telah dibumbui kedalam bambu kemudian dibakar. Makanan ini dibuat dari nasi yang telah dicampur oleh garam serta santan. Untuk membuat makanan ini cukup unik, yaitu dengan mencuci beras dan memasukkannya ke dalam bambu. Bambu tersebut akan diberi lapisan daun pisang sebelum beras dimasukkan. Setelah bambu diisi dengan beras, selanjutnya akan ditambahkan santan. Bambu berisi beras tersebut akan dibakar. Jika sudah matang teksturnya akan lengket, dan menyerupai lemang nasi.

 
- Untuk Pa'piong (Babi) Makanan ini adalah makanan terbuat dari babi yang dicampur dengan sedikit rempah-rempah bersama dengan lombok katokkon(cabe asli Toraja). dan uniknya di masak dengan menggunakan bambu dan yang kemudian di panggang.

- Sedangkan untuk Pa’piong manuk (ayam), Makanan ini adalah makanan yang terbuat dari ayam yang juga dicampur dengan rempah-rempah.Proses pembuatannya sama dengan pa’piong babi, juga di masak dalam bambu, yang kemudian di panggang.

Deppa Tori'

Resep Kue Deppa Tori Khas Sulawesi Selatan - Herald Sulsel 

Deppa tori' merupakan kue yang berbahan utama tepung beras dan gula merah, kue ini biasanya disajikan ketika pesta adat pernikahan.

Kopi Toraja  

 Menyibak Rahasia di Balik Nikmatnya Kopi Toraja - wartacelebes.id

Tana toraja adalah salah satu daerah penghasil kopi berkualitas ekspor di dunia. Tanahnya yang subur di dataran tinggi Toraja menjadi tempat tumbuh dari kopi jenis arabika yang bercita rasa unik. Kopi toraja memiliki cita rasa khas karena kandungan tanah yang ada di Pengunungan Sulawesi Utara yang membuat cita rasa khas tersebut. Aroma kopi toraja memang tidak sekuat kopi jenis lainnya, namun kopi ini tidak meninggalkan rasa pahit terlalu lama di mulut sehingga pas diminum oleh siapa saja. Selain itu, ada sedikit rasa asam dalam kopi toraja ini setelah diseduh. Bahkan tingkat keasaman yang cukup tinggi dan aroma yang khas inilah yang membuat kopi toraja digemari oleh para pecinta kopi mancanegara.

Tu'tuk Utan 

 Resep Sayur Tuttu Daun Singkong oleh Rya Prasetya - Cookpad

Tu’tuk utan artinya adalah segala jenis sayur yang ditumbuk. Biasanya sayur yang dipakai adalah yang berjenis daun singong. Makanan ini berbahan dasar daging babi yang dimasak hingga kering, tidak seperti daerah lain yang banyak menggunakan kuah dalam sajian kuliner khasnya.Cara pembuatannya yaitu dengan cara daun singkong (utan) yang ditumbuk halus kemudian dimasak dengan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditambahkan parutan kelapa dan cabe rawit.Dimasak dengan santan atau serbuk kelapa muda dan sedikit biji cabe, sehingga rasanya gurih. Tentu saja rasa pedas akan sontak Anda rasakan jika gigi Anda langsung mengunyah biji cabe yang tersembunyi di dalam gumpalan sayur.

Kapurung

 Kapurung Makanan Khas Luwu Sulawesi Selatan - KEDAINEWS.COM 

Kapurung merupakan makanan khas Toraja yang sangat terkenal. Makanan berkuah ini berbahan dasar sagu yang disiram air panas, kemudian dibuat kecil-kecil seukuran bakso, dan ditambah dengan berbagai macam sayuran, dan makanan lainnya seperti jagung, potongan ikan, udang, atau lainnya, yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sajian masakan yang nikmat dan menggugah selera.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Adat Kematian Toraja ( Rambu Solo' )

Baju Pokko' Toraja